Rabu, 20 Februari 2013

Ngidam Dan Cara Mengatasi Ngidam

"Obat Ngidam?"

Kalau anda memiliki istri yang sedang hamil atau memiliki kerabat yang sedang mengandung, janganlah pusing, bingung atau merasa aneh terhadap mereka pada awal-awal kehamilan mereka. Jika mereka menginginkan sesuatu yang menurut anda tidak lazim itu artinya mereka sedang mengalami yang namanya ngidam, biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan.Ada yang meminta makanan, ada yang menginginkan melakukan sesuatu yang tidak biasa dan ada juga menginginkan suaminya bersusah payah melakukan suatu hal untuk mereka, dalam hal ini ibu hamil. Ngidam dikatakan ada dua jenisnya yaitu ngidam secara fisik dan psikologis.

  1. Ngidam Fisik, ngidam seperti ini bisa dikatakan sebagai respon tubuh untuk memenuhi zat-zat yang diperlukan tubuh si Ibu hamil, ngidam ini contohnya sang ibu hamil meminta makanan tertentu, misalnya meminta jus dan sebagainya, hal ini memeperlihatkan adanya zat-zat yang diperlukan oleh sang ibu saat mengandung, tentunya ya harus dipenuhi untuk ibu 
  2. Ngidam Psikologis, ngidam jenis ini tidak ada hubungannya dengan zat-zat yang diperlukan tubuh, melainkan keinginan yang mungkin berlebihan, contohnya suka melihat sang suami repot, tengah malam terbangun dan meminta dibelikan jus buah
Cara Mengatasi Ngidam yang Parah
  1. Makanlah dalam jumlah sedikit, namun sering. Semakin kosong perut Anda, semakin mudah Anda merasa mual. Begitu pula sebaliknya, jika perut Anda terlalu penuh karena kenyang, ini juga bisa memicu timbulnya mual
  2. Minumlah 1/2 jam sebelum atau sesudah makan, tapi jangan berbarengan ketika Anda makan
  3. Minum ketika siang hari walaupun sedikit, akan sangat membantu mencegah dehidrasi. Semakin Anda mengalami dehidrasi, maka gejala mual akan semakin menguat
  4. Jangan berbaring sesaat setelah makan
  5. Jangan tidak makan sama sekali
  6. Jangan memasak atau memakan makanan yang terlalu ‘kuat’ bumbunya, seperti kari, dan sebagainya
  7. Makanlah sejenis Saltine Crackers (semacam kue Cabin atau Khong Guan) di pagi hari ketika baru bangun tidur. Ini juga akan membantu Anda merasa haus, dan mendorong Anda untuk minum, sehingga asupan air menjadi cukup
  8. Hindari apa saja yang berbau tidak enak (termasuk makanan), karena dapat memancing mual. Jika sulit menghindar, simpanlah ekstrak atau buah melon, dan setiap kali ada bau yang tidak enak datang, Anda bisa mengendusnya untuk mengurangi rasa mual
  9. Kalau proses memasak membuat Anda semakin mual, Anda bisa meminta tolong orang lain agar memasak untuk Anda, dan usahakan agar aromanya tidak terperangkap di dalam rumah
  10. Istirahatlah yang cukup, dan sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk tidur siang
  11. Jika Anda seorang wanita karir, maka sesekali Anda bisa izin untuk tidak bekerja dulu. Atau bahkan Anda bisa mengambil cuti agak panjang ketika proses ngidam memuncak. Istirahat yang cukup sangat membantu mengatasi ngidam lho!
  12. Hindari tempat panas dan pengap, karena akan memicu gejala mual
  13. Untuk mengatasi rasa mual, Anda dapat mengkonsumsi apa saja yang berbahan dasar jahe atau lemon. Yang mudah, ya permen jahe atau permen lemon. Atau jika Anda mau agak repot sedikit, Anda bisa membuat minuman jahe atau lemon
  14. Kripik kentang juga bisa membantu Anda menambah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Coba juga buah seperti semangka, karena hampir semua wanita yang ngidam tidak bermasalah dengan buah yang satu ini
  15. Sebagian wanita melakukan sedikit gerakan senam untuk mengurangi pengaruh ngidam. Anda juga bisa mencobanya. Namun pastikan Anda melakukan gerakan-gerakan yang aman untuk Anda dan janin di dalam rahim Anda!
  16. Jika Anda banyak bekerja dengan menggunakan komputer atau notebook, pastikan Anda meluangkan waktu sesaat untuk memejamkan mata Anda dan beristirahat. Lakukanlah ini agak sering, karena menatap monitor komputer terlalu lama bisa membuat mual Anda bertambah parah
  17. Carilah pengalihan, agar Anda tidak terganggu dengan kondisi ngidam yang datang. Cobalah berjalan ke luar rumah, membaca buku, dan kegiatan lainnya yang Anda senangi. Dengan begini, Anda bisa ‘melupakan’ gejala ngidam yang timbul
  18. Buatlah persiapan jika Anda sering keluar rumah. Perlengkapan sederhana seperti kantong plastik, makanan cemilan, permen jahe, air mineral, sikat dan pasta gigi akan sangat membantu ketika Anda ‘terpaksa’ muntah dalam perjalanan. Oya, jangan lupa baju ganti :)
  19. Terakhir… ungkapkanlah perasaan Anda kepada suami Anda. Mungkin saja dia tidak menyadari kalau goreng jengkol yang dimakannya membuat Anda bertambah mual :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar