Rabu, 13 Februari 2013

Tanda- Tanda Kehamilan

Tanda- Tanda Kehamilan

"Sudah Telat haid seminggu?Coba dicek tanda-tanda kehamilan"


1. Payudara terasa nyeri dan bengkak
Rasa nyeri payudara bisa bervariasi dari yang sedikit sakit hingga nyeri luar biasa, disebabkan oleh pengaruh hormonal. Hasilnya, payudara membesar dan pembuluh darah vena di sekitar payudara tampak nyata. Rasa nyeri ini bisa menyerupai seperti saat sebelum menstruasi.

2. Kelelahan
Hubungan antara kelelahan dengan tanda-tanda kehamilan memang belum sepenuhnya diketahui, kemungkinan disebabkan peningkatan hormon progesteron yang begitu cepat menyebabkan Anda merasa mengantuk dan lelah. Biasanya, rasa lelah ini akan menghilang setelah trimester kedua dan datang lagi saat trimester ketiga.

3. Pendarahan implantasi
Beberapa ibu mengalami “seperti” haid sekitar 11-12 hari setelah konsepsi (pertemuan sel telur dengan sperma), berdekatan dengan waktu rutin haid, mengesankan Anda haid padahal sebenarnya tidak. Perdarahan ini terjadi saat mudigah masuk ke dinding rahim yang kaya darah. Berbeda dengan haid, perdarahan hanya bersifat spottingI dan berlangsung hanya satu-dua hari.

4. Mual dan muntah
Keluhan ini terjadi pada 50% kehamilan terutama pada usia kehamilan 2-12 minggu setelah konsepsi. Paling dirasakan pada pagi hari tetapi bisa muncul kapan saja dan dicetuskan oleh bau-bauan tertentu. Keluhan ini bisa sangat mengganggu hingga membutuhkan perawatan di rumah sakit tetapi bisa pula tidak terlalu dirasakan si ibu. Mual dan muntah diduga disebabkan peningkatan hormon human chorionic gonadotropin (hCG), tetapi mekanisme sesungguhnya belum lah dimengerti.

5. Lebih sensitif terhadap bau-bauan
Wewangian parfum suami yang tadinya disukai bisa berubah menjadi bau yang paling dihindari karena membuat Anda ingin muntah. Meskipun belum ada yang mengetahui pasti, diduga ini ada hubungannya dengan meningkatnya hormon estrogen secara cepat.

6. Perut kembung
Anda merasa ukuran celana Anda mulai kekecilan padahal Anda baru saja 2 minggu terlambat haid? Itu bukan karena pembesaran rahim yang begitu cepat, tetapi karena kembungnya perut. Lagi-lagi, perubahan hormon yang begitu cepat turut mempengaruhi sistem pencernaan Anda.

7. Sering buang air kecil
Seringnya buang air kecil terutama malam hari disebabkan meningkatnya peredaran darah di sekitar kandung kemih dan tekanan rahim yang mulai membesar. Satu hal yang perlu Anda bedakan adalah infeksi saluran kemih (ISK) dengan gejala yang hampir sama. Apalagi wanita hamil lebih mudah mengalami infeksi yang tidak bergejala dibanding saat tidak hamil.

8. Haid tak jua kunjung datang
Tidak datangnya haid disebabkan meningkatnya kadar estrogen dan progesteron dan menjadi tanda penting kehamilan pada wanita dengan haid teratur. Sayangnya, ini sulit diduga bila haid tidak teratur, dan bisa pula terjadi akibat penyebab lain. Misalnya stres, penyakit kronis, pengobatan tertentu, gangguan endokrin, dan sebagainya.

9. Suhu tubuh tetap naik
Mungkin yang Anda rasakan adalah tubuh sedikit demam atau rasa tidak enak badan, tetapi suhu tubuh basal yang meningkat dan bertahan lebih dari tiga minggu bisa menjadi petanda cukup meyakinkan kalau Anda hamil.

10. Tes kehamilan positif
Jika sembilan tanda tersebut masih meragukan, mungkin tanda kesepuluh ini bisa makin meyakinkan. Tes kehamilan urin yang Anda pakai di rumah bisa mengukur hormon hCG secara  kualitatif, cukup untuk menentukan apakah hormon kehamilan ini  telah “beredar” dalam tubuh Anda. Kadar 5-20 mIU/ml saja sudah dapat dideteksi oleh alat pemeriksaan sederhana ini. Hanya saja, perlu diingat bahwa kit ini pun tergantung pada teknik dan interpretasinya, jadi tetap harus dipastikan lagi dengan pemeriksaan ke dokter Anda.

Sumber  :http://www.anakku.net/kenali-10-tanda-dini-kehamilan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar